Header Ads

Berita Mahad
recent

Tentang Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI)

Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI) adalah pusat studi di bawah Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA), yang mengembangkan riset dan kajian tentang pesantren dan fiqh sosial. Pemilihan pesantren dan fiqh sosial sebagai konsentrasi kajian merupakan pilihan yang strategis dan historis. Karena IPMAFA, sebagaimana kita ketahui, merupakan perguruan tinggi yang digagas dan diinisiasi oleh KH. MA. Sahal Mahfudh, yang menjadikan nilai pesantren sebagai nilai akademiknya. Sementara itu Fiqh sosial sendiri merupakan ijtihad besar yang dihasilkan oleh KH. MA. Sahal Mahfudh dengan pesantren sebagai setting sosial dari kelahiran pemikirannya.Dengan demikian, keberadaan IPMAFA tidak mungkin bisa keluar dari pengaruh pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudh yang progesif dan khas pesantren.

PUSAT FISI sendiri merupakan kelanjutan dari Fiqh Sosial Institute (FISI) yang telah berdiri sejak tahun 2012. Program kajian dan penelitian yang telah dilakukan oleh FISI dalam mengembangkan fiqh sosial sejak tahun 2012 tetap menjadi bidang garap utama dalam Pusat Studi ini. Sementara itu kajian tentang fiqh sosial semakin sempurna ketika disandingkan dengan kajian pesantren sebagai lokus lahirnya fiqh sosial. Keduanya juga merupakan tema yang selalu menjadi perhatian dari pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudh.

Pilihan kajian dan penelitian di bidang pesantren dan fiqh sosial bagi PUSAT FISI, menjadi salah satu langkah besar dalam mengembangkan dan mempromosikan pesantren dan fiqh sosial sebagai salah satu referensi keagamaan di Indonesia. Kontekstualisasi fiqh yang dipilih oleh Kiai Sahal menjadi alternatif yang sangat strategis, terutama bagi masyarakat muslim yang saat ini tengah dihadapkan pada tekanan-tekanan budaya dan ekonomi.

VISI

Menjadi pusat studi yang mengembangkan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial sebagai model beragama untuk kemaslahatan umat.

MISI

  1. Membentuk epistemologi berpikir berdasarkan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial.

  2. Mempromosikan nilai-nilai dan gagasan pesantren serta fiqh sosial dalam dunia akademis dan praktis.

  3. Menjadikan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial sebagai bangunan keilmuan di Indonesia maupun internasional.

  4. Menjadikan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial sebagai cara pandang terhadap masalah


TUJUAN

  1. Menjadikan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial sebagai model beragama untuk kemaslahatan umat.

  2. Menjadikan PUSAT FISI sebagai pusat studi yang memiliki jaringan keilmuan dan kerjasama lokal dan nasional.

  3. Mengembangkan nilai-nilai pesantren dan fiqh sosial melalui riset ilmiah.


DIVISI DAN PROGRAM-PROGRAM

  1. Pendidikan dan Litbang


Divisi ini berkonsentrasi pada pengembangan gagasan tentang pesantren dan fiqh sosial melalui kajian, riset, pendidikan, serta pengayaan referensi dan literatur. Progam yang dilakukan antara lain melakukan pemetaan pemikiran fiqh Indonesia, membuat modul pendidikan fiqh sosial untuk pesantren, membuat kelas belajar tentang pesantren studies dan fiqh sosial, diskusi, dan riset tentang pesantren dan fiqh sosial.

  1. Publikasi dan Jaringan;


Fokus divisi ini pada desiminasi dan publikasi gagasan pesantren dan fiqh sosial kepada masyarakat umum, baik melalui buku maupun media, serta memperluas dan memperkuat jaringan kerjasama PUSAT FISI, baik di tingkat lokal maupuan global. Program yang dilakukan antara lain penerbitan buku, menterjemahkan buku-buku yang relevan, sinopsis dan book review, menjalin kerjasama dengan lembaga mitra, dan mengelola website sebagai media publikasi lembaga.

  1. Administrasi dan Keuangan


Divisi ini bertanggungjawab atas administrasi dan keuangan lembaga serta inventarisasi aset milik PUSAT FISI. Program utamanya antara lain dokumentasi kegiatan, pembukuan, dan penggalangan dana (fund rising).

STRUKTUR ORGANISASI

 Penasehat:

  1. (HC) KH. A. Mustofa Bisri

  2. KH. Said Aqiel Siradj


Prof. DR. Amin Abdullah

 Pelindung:

Abdul Ghaffar Rozin, M.Ed

Drs. Imam Aziz

Direktur

Umdatul Baroroh, M.A

Div. Pendidikan dan Litbang

Tutik Nurul Jannah, MH

Div. Publikasi dan Jaringan

Dr. Jamal Ma’mur, MA

Div. Administrasi dan Keuangan

Kunarti, S.Sos.I

 

No comments:

Powered by Blogger.