Header Ads

Berita Mahad
recent

MENGENALI ILMU MANTIQ

Judul Buku                  : Ilmu Mantiq: Terjemahan Assulamul Munauroq
Penulis                         : Cholil Bisyri Mustofa
Penerbit                       : Al Ma’arif
Tahun Terbit               : 2000
Jumlah Halaman         : 96

Ilmu mantiq atau biasa disebut ilmu logika, selama ini dipelajari menggunakan pegangan kitab nadhom Assullamul Munauroq, yang ditulis oleh Syaikh Abdur Rohman Al-Akhdhory. Sebagai kitab pegangan utama, kitab mantiq tersebut telah diterjemahkan oleh KH. Bisyri Mustofa ke dalam bahasa Jawa. Bahkan tidak hanya di tanah Jawa, di Indonesia, kitab mantiq yang telah banyak diterjemahkan ini telah tersebar ke berbagai wilayah seperti Lampung.

Sebagaimana kitab aslinya yang berbahasa arab, ilmu mantiq yang dipaparkan dalam terjemahan berbahasa Indonesia oleh KH. Cholil Bisyri Mustofa ini sangat runtut menjelaskan alur kaidah dalam ilmu mantiq. Menggunakan bahasa Indonesia, sistematika dalam mempelajari logika sebagai bangunan berpikir umat Islam sangat mudah dimengerti melalui buku ini.

Dari awal hingga di bagian akhir, KH. Cholil Bisyri Mustofa menguraikan bab-bab dalam pembahasan kitab nadhom Assullamul Munauroq secara sistematis. Mulai dari mukaddimah kitab, hukum dalam mendalami ilmu mantiq, pembagian macam-macam ilmu, uraian-uraian bab-bab pembahasan pokok mantiq antara lain seperti jenis dalalat wadh’iyyah, pembahasan beberapa lafadh, kaidah dalam menyamakan lafadh pada makna, pembagian mu’arrif, tanaaqudh, syakal, susunan dalam qiyas, dan pembagian hujjah.

Mempelajari ilmu mantiq tidak akan lengkap tanpa memahami contoh-contoh rangkaian logika. Adanya contoh dalam memahami dan mendalami ilmu mantiq menjadi sangat penting untuk menunjang pemahaman. Mengingat ilmu mantiq adalah ilmu gagasan yang bersifat abstrak, tidak eksak. KH Cholil Bisyri Mustofa menguraiakannya dengan baik mengikuti sistematika pembahasan logika yang ditulis oleh Syaikh Abdur Rohman Al-Akhdhory dalam kitabnya nadhom Assullamul Munauroq.

No comments:

Powered by Blogger.