Header Ads

Berita Mahad
recent

Peringati 1000 Hari Wafatnya Kiai Sahal, PUSAT FISI Gelar National Callfor Paper


Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI) IPMAFA, dalam rangka memeringati 1000 hari wafatnya Kiai Sahal, mendinamisir wacana keislaman-fiqh sosial Kiai Sahal yang sarat dengan nilai kedamaian, persaudaraan, kemajuan, demokrasi, kesetaraan, pluralitas, dan keadilan, melalui penyelenggaraan National Call for Paper. Acara besar berskala nasional ini dibagi dalam dua kategori yaitu kategori santri dan mahasiswa S1 serta kategori dosen dan peneliti, dengan mengangkat tema besar “Fiqh Sosial dan Masa Depan Fiqh Indonesia”. Tema ini diangkat untuk menjaring gagasan baru dari kalangan akademisi perguruan tinggi, pesantren, dan peneliti tentang fiqh sosial itu sendiri serta proyeksinya terhadap masa depan fiqh Indonesia.

Dari puluhan naskah yang dikirim untuk berpartisipasi, diambil 13 naskah sebagai finalis untuk dipresentasikan. 13 finalis tersebut berasal dari Jakarta, Jombang, Yogyakarta, Malang, Semarang, Jember, dan Pati sendiri. 6 di antaranya masuk kategori santri dan mahasiswa S1, sementara 7 yang lain masuk kategori dosen dan peneliti.

Presentasi call paper sendiri dilaksanakan pada Jumat, 30 September 2016, dimulai pukul 8.00 WIB di auditorium IPMAFA, dilanjutkan seminar nasional dan pengumuman pemenang lomba 1000 hari Kiai Sahal pukul 13.30 di tempat dan hari yang sama. Hadir sebagai dewan reviewer, Dr. Abd. Moqsith Ghazali (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), M.Ag dan A. Dimyati, M.Ag (IPMAFA) untuk kategori dosen dan peneliti, serta Dr. Jamal Ma’mur, MA (IPMAFA) dan Umdah el Baroroh, MA (IPMAFA) untuk kategori santri dan mahasiswa S1.

Keluar sebagai pemenang dari kategori dosen dan peneliti, Sahal Mahfudh (UIN Maliki Malang) sebagai juara I, Fitria Martanti (UNWAHAS Semarang) sebagai juara II, dan M. Nurun Nada (Ma’had Aly Fii Ushul al-Fiqh Maslakul Huda Pati) sebagai juara III. Sedangkan dari kategori santri dan Mahasiswa S1, Fina Mazida Zulfa (Ma’had Aly Fii Ushul al-Fiqh Maslakul Huda Pati) sebagai juara I, Annas Rolli Muchlisin (UIN SUKA Yogyakarta) sebagai juara II, dan Ifadhun Nada (PP. Mansajul Ulum Pati) sebagai juara III. Keenam pemenang mendapatkan piagam dan hadiah uang tunai total 15 juta rupiah.

No comments:

Powered by Blogger.