Header Ads

Berita Mahad
recent

PUSAT FISI Gandeng DEMA Bedah Buku Santri Ngaji Fiqh Sosial



“.... Tanpa menulis pemikiran Anda tidak akan pernah dikenal... motivasi tersebut disampaikan Dr. Jamal Ma’mur, MA dalam sambutannya mewakili Direktur Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI) IPMAFA dalam acara bedah buku “Santri Ngaji Fiqh Sosial”, Rabu, 8 November 2017 di kampus IPMAFA. Buku yang berisi tulisan 8 peneliti mahasiswa  yang aktif dalam Forum Kamisan Mahasiswa dan diterbitkan oleh PUSAT FISI tersebut, dibedah langsung oleh penulisnya –Muhammad Labib (mahasiswa Prodi PMI semester 7) dan Farikhatun Ni’mah (mahasiswa Prodi PGMI semester 5)—serta menghadirkan Sahal Japara—Juara I National Call for Paper Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia PUSAT FISI 2016 sebagai narasumber pembanding.

Acara yang diselenggarakan PUSAT FISI dengan menggandeng Dewan Mahasiswa (DEMA) IPMAFA itu berlangsung sangat antusias. Lebih dari 50 mahasiswa dari berbagai prodi memenuhi ruang acara dan menanggapi paparan materi para narasumber dengan aktif. Pada umumnya mahasiswa sangat terkesan dan termotivasi untuk membaca, berdiskusi dan menulis. Hal ini didasari dengan semangat dan keberhasilan teman-teman sejawat mereka yang notabene masih mahasiswa namun telah memiliki tulisan dan dibukukan, sekaligus berkesempatan menjadi narasumber untuk membedah bukunya sendiri.

Tidak hanya berhenti pada bedah buku, PUSAT FISI melalui para peneliti mahasiswanya tengah mematangkan rencana tindak lanjut dengan DEMA IPMAFA. Keduanya akan mengelola Forum Kamisan Mahasiswa sebagai forum diskusi mahasiswa tentang pemikiran pesantren dan fiqh sosial dengan jangkauan dan ketercakupan mahasiswa lebih luas. Diharapkan kerjasama kedua lembaga ini dapat menegaskan kembali bahwa baik PUSAT FISI maupun Forum Kamisan Mahasiswa tidak bersifat esklusif dan terbuka bagi semua mahasiswa yang memiliki minat terhadap kajian pemikiran pesantren dan fiqh sosial, sekaligus menjadi wadah tukar motivasi mahasiswa untuk selalu berdiskusi dan menulis.AK

No comments:

Powered by Blogger.