Membedah terobosan pengambilan putusan hukum Kiai Sahal, demikianlah tema diskusi dalam Bedah Kitab Kiai Sahal kemarin (02/07/15), yang kembali digelar Fiqh Sosial Institute. Bedah kitab kemarin itu merupakan pertemuan ke-3 di bulan Ramadhan tahun ini. Kitab Kiai Sahal yang dibedah yaitu Intifakh al Wadajain. Kitab yang memaparkan bagaimana Kiai Sahal yang dianggap lebih banyak diam dalam menanggapi suatu permasalahan hukum, ternyata memiliki sikap dan pemikiran progresif.

Kiai Liwa’uddin, narasumber dalam bedah kitab kemarin menjelaskan, kitab Intifakh al Wadajain yang ditulis Kiai Sahal, menceritakan bagaimana suatu diskusi untuk menentukan hukum persoalan fikih berjalan. Kiai Liwa’uddin menyampaikan, kitab Kiai Sahal itu lahir dengan latar belakang                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         munculnya nama jam’iyyah Bahtsul Masail dan munculnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Bagaimana perdebatan dan adu argumen dari perbedaan pendapat terjadi, hingga bagaimana penjelasan hukum yang akhirnya diputuskan, yang mana seringkali khilaf ataupun mauquf.

Misalnya dalam persoalan jual beli memakai kaca mata. Karena forum Bahtsul Masail memandang konteksnya telah berbeda antara situasi dan kondisi semasa hidup ulama’ terdahulu yang menjadi rujukan pengambilan hukum dengan yang terjadi saat ini, maka seringkali hukumnya menjadi khilaf ataupun mauquf. Inilah yang menjadi refleksi Kiai Sahal dalam melakukan terobosan pengambilan putusan hukum. Kiai Sahal melakukan kontekstualisasi hukum yang telah dihasilkan ulama’ terdahulu dengan konteks situasi kondisi masa hidupnya, dengan pandangan ushul fiqh dan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan masyarakat menjalankan hukum fiqh saat ini. Sehingga fiqh kemudian dapat memberikan pilihan-pilihan hukum. Tidak lagi halal-haram maupun khilaf dan mauquf.

            Kiai Sahal dalam menyikapi hukum Islam yang terkandung di dalam al Qur’an, yaitu hukum qoth’iy dan khususnya dzonniy, jika konteksnya adalah persoalan yang dihadapi masyarakat, maka keputusan hukumnya akan merujuk pada pendapat lintas madzhab dan generasi, tanpa meninggalkan kajian mendalam terhadap kitab inti dari masing-masing. Maka kitab Intifakh al-Wadajain menjadi sari dari refleksi dan sikap Kiai Sahal terhadap forum Bahtsul Masail dan dinamika sosial ekonomi masyarakat.

Dalam kitabnya, Kiai Sahal memberi pencerahan bagi kita, bahwa hukum yang sifatnya dzonniy akan selalu berubah-ubah. Hukum yang sudah diputuskan di satu tempat, belum tentu sama dan relevan diterapkan di tempat lainnya, walaupun dengan latar belakang yang sama. Kendati demikian, Bahtsul Masail tetap menjadi sarana penting untuk memecahkan masalah kemasyarakatan. AK.