Para mahasiswa yang tergabung dalam Forum Kamisan Mahasiswa (FKM) PUSAT FISI IPMAFA, kembali mengawali lingkar diskusi pada Sabtu, 10 November 2018. Forum diskusi yang diikuti oleh mahasiswa lintas Prodi ini menyepakati psikologi sebagai tema kajian diskusi selama setahun ke depan dengan buku referensi utama karya Prof. Dr. Bimo Walgito. Pada periode ini, lingkar diskusi diadakan setiap hari Sabtu pukul 09.00 WIB bertempat di aquarium IPMAFA. Jadi meskipun bernama Forum Kamisan Mahasiswa, akan tetapi hari diskusinya tidak mesti di hari Kamis, karena dalam perjalanannya menyesuaikan dengan waktu para mahasiswa yang sedang tidak ada jam perkuliahan.
Terkait dengan pilihan tema psikologi ini, harapannya melalui diskusi ini dapat memberikan pemahaman terhadap mahasiswa peserta FKM tidak hanya tentang bagaimana konsep psikologi secara umum, tetapi juga sekaligus melatih mereka agar dapat memposisikan diri terhadap lingkungan sosial, misalnya melalui kontekstualisasi dalam studi kasus. Tidak hanya itu, melalui pemilihan tema diskusi ini, mahasiswa peserta FKM ingin membangun nalar kritis mereka tentang hubungan ilmu psikologi dengan ilmu fiqih, yang selanjutnya akan dikerucutkan pada pembahasan tentang psikologi dengan fiqh sosial. Jika ilmu psikologi menjelaskan tentang perilaku manusia dan proses mental yang membentuknya, maka ilmu fiqih merupakan unsur pendorong manusia itu berperilaku. Misalnya, konsep pemahaman tentang adanya pahala dan dosa, surga dan neraka mengakibatkan manusia berperilaku sesuai dengan syari’at Islam.
 Melalui diskusi ini, para mahasiswa peserta lingkar diskusi FKM difasilitasi untuk berfikir kritis, dan diharapkan mampu mengembangkan potensi keingin tahuan terhadap ilmu pengetahuan. Harapanya selain untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, kelak akan memberikan hikmah dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga mampu menginisiasi kehidupan yang harmonis berkarakter pesantren dengan ciri khas kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah.Khamid