Forum Kamisan Mahasiswa-lingkar diskusi mahasiswa antar Program Studi di Pusat Studi Pesantren dan Fiqh Sosial (PUSAT FISI) IPMAFA, beberapa minggu ini kembali menggelar diskusi rutin mingguan. Kembali diadakan pada hari Kamis, setiap menjelang pukul 14.00 siang para mahasiswa telah berkumpul di aquarium kampus lantai 2 untuk mengikuti diskusi.

Sesuai kesepakatan di awal pertemuan, seri tema diskusi yang dipilih adalah mendiskusikan kembali tema-tema aktual yang telah disikapi Kiai Sahal, dan telah didokumentasikan dalam kumpulan makalah Kiai Sahal. Mengapa perlu membuka kembali dan mendiskusikan isu-isu di waktu lalu yang telah disikapi oleh Kiai Sahal?

Merespon berbagai perkembangan isu milenial terkini, para mahasiswa di Forum Kamisan merasa perlu kembali membuka catatan sikap Kiai Sahal meresponse isu-isu seperti radikalisme beragama, sikap dan semangat juang para pemuda, Islam dan globalisasi, aktualisasi peran perempuan, implementasi nilai-nilai Pancasila.

Pemikiran dan sikap Kiai Sahal dalam meresponse isu-isu aktual di masanya tersebut, bukan tidak mungkin masih relevan dengan konteks kondisi saat ini. Di satu sisi, daya kritis mahasiswa dapat diasah untuk menawarkan solusi dan sikap yang lebih relevan berdasarkan pemikiran kontektual Kiai Sahal-seorang ulama' yang pemikirannya sangat kontekstual dengan kondisi zaman dan kaidah-kaidah ajaran Islam. Bagaimanapun, masalah sosial memiliki pola yang sama dengan rotasi berulang dengan sekup kompleksitas yang berbeda. Hal ini menjadi alasan penting mengapa perlu bergabung dalam Forum Kamisan.

Bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin bergabung untuk mengikuti diskusi, kami hadir setiap hari Kamis siang pukul 14.00 WIB di aquarium lantai 2 Kampus IPMAFA. Join WAG Forum Kamisan Mahasiswa dapat menghubungi Saudara Hamid di 0822 2061 6088